Hidup ini adalah warna-warni yang terlakar pada kanvas, walaupun tidak cantik ia tetap mempunyai sejuta makna...

suka blog ini?

Sunday, March 20, 2011

8 TIPS TIDUR LEBIH NYENYAK DAN BANGUN AWAL PAGI

Apakah Anda mengalami gangguan tidur? Apakah Anda ingin tidur lebih awal dan lebih nyenyak kemudian bangun lebih awal pagi dan memulai hari dengan badan dan fikiran yang segar dan lebih bersemangat? Untuk itu, cubalah tips berikut!!

1. Buat jadual Tidur

Mulailah tidur yang teratur pada waktu yang sama dan berikan tubuh Anda waktu beristirahat dan bersantai, selama minimal 8 jam sebelum alarm Anda berdering pada esok paginya. Mungkin Anda boleh mengawal waktu tidur Anda dengan mandi air hangat, minum secawan atau secangkir teh chamomile serta menyembunyikan tubuh Anda di bawah selimut sambil membaca atau menulis buku harian.

2. Matikan TV dan Komputer

Tv dan internet biasanya akan membuat kita tidur lebih lewat. Jadi jangan menonton TV di tempat tidur dan berhentilah surfing di internet sebelum waktu tidur Anda tiba.
3. Stop minum minuman berKafein sebelum waktu Tidur

Jika Anda suka minum kopi, gantikan kopi Anda kepada susu atau  meminumnya 4 jam sebelum waktu tidur.

4. Konsumsi Snack Sebelum Tidur

Makan berat sebelum tidur dapat mengganggu tidur Anda dan membuat lebih sukar bagi Anda untuk bangun di pagi hari. Konsumsi snack malam Anda dengan menu ringan seperti susu hangat, buah dan salad atau sup sayuran.

5. Buka Tirai

Salah satu cara paling efektif untuk segera bangkit dari tempat tidur adalah dengan membuka tirai dan membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar Anda. biarkan silaunya menyinar ke mata Anda supaya segar.

6. Kenali Motivasi Anda

Apakah Anda ingin datang ke tempat kelas atau kerja tanpa terlambat lagi? Apakah Anda ingin memiliki waktu lebih? Pikirkan tentang motivasi Anda untuk bangun lebih awal dan tuliskan alasannya.

7. Buatlah Janji di Pagi Hari

Jadualkan latihan di gym, bertemu teman ataupun periksa gigi di pagi hari. Hal ini membuat Anda wajib bangun lebih awal tidak hanya untuk diri sendiri tapi untuk orang lain kerana Anda harus bertanggung jawab pada janji Anda.

8. Berikan Diri Anda Insentif

Jika Anda adalah jenis orang yang positif terhadap ganjaran untuk setiap pekerjaan yang dilakukan, maka ini sangat penting. setelah Anda berusaha keras untuk bangun dari tempat tidur yang nyaman lebih awal dari biasanya, beri sedikit hadiah untuk diri Anda.
Jadi, tidur lebih awal dan bangun lebih pagi bukanlah sesuatu hal yang sulit bukan? Lakukan tips di atas dan berhentilah menjadi “burung hantu” dan beralihlah menjadi “ayam jantan” yang siap berkokok di pagi hari!

p/s: esok pagi ciknurul nk masak breakfast sdap2 sbg reward bngun awl.. jom tido smua, nite! J